Selasa, 12 April 2016

MAWAPRES ACADEMY UNP (MAU) : PINTU UTAMA MENJADI MAHASISWA BERPRESTASI TINGGI

Oleh ;
Rani Rahmadhani 
Mahasiswi Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan (2015)
(Peserta Mawapres Academy UNP)

MAWAPRES ACADEMY UNP - Impian untuk menjadi seorang mahasiswa yang berprestasi tinggi, merupakan ekspetasi terbesar dari mahasiswa yang peduli akan peranannya di masa depan. Introspeksi, evaluasi dan aktualisi diri terus dilakukan untuk membentuk pribadi yang berkarakter dan bernilai. Berbagai ruang dan kesempatan untuk memperdalam pengetahuan dan wawasan serta dapat menambah pengalaman belajar di luar perkuliahan, telah banyak menjadi incaran utama mahasiswa yang haus dalam pencarian jati dirinya ini. Mereka sadar bahwa hakikat sesunguhnya dari mahasiswa berprestasi tinggi bukanlah sekedar mereka yang memiliki indeks penilaian kumulatif yang tinggi atau baik di bidang akademik, tetapi juga mampu memberikan sumbangan moril baik itu berupa ide-ide segar maupun gagasan bermanfaat untuk kemajuan bangsa. Salah satu bentuk usaha nyata yang mereka pilih adalah dengan tergabung dengan keluarga inspiratif dan motivatif tersolid Mawapres Academy UNP yang perdana di bentuk tahun ini.

Setelah sukses pada beberapa pertemuan sebelumnya, tentunya dengan berbagai moment seru dan sharing ilmu bermanfaat yang berbeda pula. Tampa terasa ternyata sudah sampai di pertemuan ke 7 yaitu pada hari Minggu, 10 April 2016. Pertemuan MAU ke 7 yang diadakan di Gedung MKU NA101 ini terasa sangat istimewa dan semakin seru dikarenakan kehadiran teman-teman baru yang lolos di seleksi gelombang ke II yang menambah jumlah keluarga baru di rumah inspirasi MAU ini. Bukan hanya itu, antusiasme dan semangat peserta MAU juga semakin bergelora disaat mentor tamu inovatif Muhammad Rezky yang punya jiwa enterpreneur muda dan belum lama ini berhasil memperoleh gelar sarjana sharing tentang pengalamannya yang sempat menginjakkan kaki di bumi sakura Jepang. Pengalaman yang begitu berharga karena dapat mengenal secara lebih dekat kebudayaan masyarakat Jepang dan secara langsung berinteraksi dengan masyarakat sekitar.

(Muhammad Rezky)

Setelah memberikan peserta MAU motivasi melalui video perjalanannya ke Jepang, Bang Rezky atau yang biasa dipanggil Chiki ini juga mengajak peserta MAU untuk membuat resolusi di tahun ini dan di tahun berikutnya selama menjadi mahasiswa. Saat resolusi masing-masing peserta MAU dibacakan satu persatu, bang Chiki membantu memberikan gambaran secara umum tentang kiat untuk mencapai resolusi tersebut. Dari situlah muncul keinginan dan semangat untuk segera mengukir prestasi. Beragam resolusi menginspirasi yang di tulis teman-teman MAU tersebut diantaranya seperti menjuarai perlombaan LKTI, lulus PIMNAS, menjuarai Kaligrafi, paper, menerbitkan novel, menguasai bahasa isyarat, hafal jus 30 dan terutama sekali terpilih sebagai Mahasiswa berprestasi serta masih banyak resolusi lainnya yang ingin di raih teman-teman di MAU yang tidak hanya berpatokan pada karya tulis.

Tidak hanya sampai disitu, setelah pembacaan resolusi tersebut, peserta MAU juga di beri pembekalan pembuatan essay untuk lomba yang tidak menutup kemungkinan bisa menjadi salah satu jalan bagi teman-teman MAU untuk mengikuti jejak bang Chiki ke Negeri sakura. Pembekalan tentang essay tersebut di pandu oleh Bang Randy Proska mentor tetap yang ikut menggagas MAU. Setelah mendapatkan pembekalan mengenai essay tersebut, peserta MAU langsung di minta praktek dengan menuliskan satu karya tulis essay pribadi yang menggambarkan diri masing-masing peserta MAU. Dengan keterbatasan waktu yang dimiliki, peserta MAU tampak antusias menuliskan essay pribadinya dan tidak ada satupun peserta MAU yang tampak kebingungan menyelesaikannya karena mereka menyadari pentingnya kejujuran dan karya sendiri. Peserta yang memiliki essay terbagus akan menerima reward khusus dari mentor inovatif bang Chiki.  Lalu siapakah yang akan mendapatkan reward istimewa tersebut? Semua peserta MAU pasti sangat penasaran mendengar pengumuman sang juara essay pribadi pada pertemuan minggu depan.



Itulah gambaran singkat tentang keseruan pertemuan ke 7 MAU. Jadi, untuk berhasil menjadi mahasiswa yang berprestasi tinggi ada banyak pintu yang dapat kita tempuh dan bukan tidak mungkin salah satu pintu utamanya adalah MAWAPRES Academy UNP ini. Tidak hanya itu, kita juga tahu bahwa ada banyak jalan yang dapat kita telusuri untuk sampai ke luar negri dan sangat mungkin rasanya jika salah satu jalan tersebut adalah kemenangan kita saat menjuarai kompetisi essay. So, Many thing can we get from MAWAPRES Academy UNP.

@Official Mawapres Academy UNP 

Mawapres Academy

Author & Editor

Mawapres Academy UNP adalah sebuah gerakan yang di inisiasi oleh beberapa mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) untuk berbagi inspirasi seputar peluang prestasi secara gratis dan bertujuan membentuk karakter mahasiswa berprestasi.

0 komentar:

Posting Komentar