Rabu, 06 April 2016

Ratna Dhian Noventy ; Mawapres I Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya 2015

Ratna Dhian Noventy
Mahasiswi Jurusan Administrasi Publik Universitas Brawijaya (2012)
Mahasiswa Berprestasi I Fakultas Ilmu Adminisitrasi Universitas Brawijaya 2015

MAWAPRES ACADEMY UNP - Bahwasannya tingkat kemajuan suatu umat di segala bidang ditentukan oleh tingkat kecerdasan umat itu dan sejauh mana para warganya memiliki kontribusi terhadap pengetahuan yang dimilikinya. Dengan ilmulah suatu umat bisa meningkatkan taraf hidupnya, memakmurkan rakyatnya, dan menyusun kekuatannya. Demikianlah kuliah akan membuka cakrawala ilmu pengetahuan seseorang sesuai dengan passion yang dimiliki. Jadi, tujuan kuliah tidak terlepas dari pencarian terhadap ilmu tersebut. Sesungguhnya ilmu pengetahuan adalah warisan antar generasi yang akan mampu direngkuh ketika seseorang berkeinginan lebih jauh untuk memilikinya, untuk itulah kuliah merupakan salah satu cara guna mencapai warisan antar generasi tersebut. Barang siapa menempuh sesuatu untuk mencari ilmu, maka Tuhan akan memudahkan baginya jalan menuju surga. 

Menurut saya, Mahasiswa adalah Ia yang paham bahwa existensinya sebagai kaum intelektual muda mampu memberikan sumbangsih terhadap kesejahteraan masyarakat. Karena sesungguhnya diantara limpahan rejeki yang Tuhan berikan, ada hak-hak mereka yang Tuhan percayakan melalui tangan kita. Menjadi mahasiwa adalah rejeki, dan marilah kita memberikan kontribusi untuk membantu mayarakat mendapatkan haknya sebagai individu-individu yang sejahterah. 

Segala sesuatu berawal dari niat, luruskanlah hal itu. Banyak orang yang memulai sesuatu dengan niat ikhlas, namun cuma sedikit yang bertahan dengan keikhlasan tersebut. Yakinlah bahwa ketika kita telah menyempurnakan niat, maka Tuhan akan menyempurnakan pertolongan Nya. Banyak orang yang bisa dan senang bermimpi, akan tetapi cuma sedikit orang yang mau bekerja keras untuk mewujudkannya. Bukankah Tuhan tidak akan merubah keadaan suatu kaum sebelum kaum tersebut berusaha mewujudkannya? 

Bagi saya, Prestasi adalah ketika sesorang mampu mensinergikan hard skills dan soft skills yang dimilikinya guna dampak positif bagi lingkungannya. Sebab tidak ada kesuksesan yang bisa dicapai seperti membalikkan telapak tangan. Tidak ada keberhasilan tanpa kerja keras, keuletan, kegigihan, dan kedisiplinan. Jangan terkecoh dengan keberhasilan sesorang, dibalik kejayaan selalu ada jalan panjang yang berisikan catatan perjuangan dan pengorbanan, keringat dan kepayahan. 

Untuk menjadi mahasiswa berprestasi hanya bisa direngkuh apabila mau terus belajar berbagai hal, dimanapun, kepada siapapun, yang harus dibarengi dengan sikap pantang menyerah dan niat tulus kontribusi prestasi untuk kesejahteraan masyarakat. Jangan pernah menyerah, karena sekali menyerah akan menjadi kebiasaan. Pada dasarnya cita-cita kita tidak lebih luas dari pikiran tentang diri sendiri, dunia hanya memberi apa yang kita fokuskan. Mahasiswa berprestasi mampu menyeimbangkan proses pembelajaran antara kecerdasan fisik dan psikis, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan leadership (integritas, kejujuran, dan manajemen konflik), serta kecerdasan spiritual. 

Perjalanan pembelajaran adalah proses, kita yang memilih hal tersebut. Ingatlah bahwa penundaan adalah silent killer, semangat berprestasi kawanku! 

@Official Mawapres Academy UNP

Mawapres Academy

Author & Editor

Mawapres Academy UNP adalah sebuah gerakan yang di inisiasi oleh beberapa mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) untuk berbagi inspirasi seputar peluang prestasi secara gratis dan bertujuan membentuk karakter mahasiswa berprestasi.

0 komentar:

Posting Komentar