Selasa, 15 Maret 2016

Mawapres Academy UNP (MAU) : Menjadi Sang Presentator

Oleh ;
Renda Mulia Putri
Mahasiswi Jurusan Kimia (2015)
(Peserta Mawapres Academy UNP)

MAWAPRES ACADEMY UNP - Teman-teman pasti pernah mengalami yang namanya dicuekin kan? Sebel banget kan rasanya kalau kamu lagi ngomong trus yang dengerinnya gak ada, atau mereka sibuk sendiri dengan hal lain. Apa lagi kalau kita dicuekin pas lagi presentasi. Itu rasanya sakiiiit banget. Tapi sebenarnya itu bukan sepenuhnya kesalahan dariaudiens kok, siapa tau emang presentasi kamu yang memang sangat membosankan. Nah Buat teman-teman yang sedang bingung gimana sih, cara presentasi supaya gak dicuekin sama audiens, ini ada tips dari salah satumentor Mawapres Academy UNP, bang Randi Proska Sandra. Untuk lebih jelasnya, yuks check it out.....

Teknik Presentasi yang “Memukau”
  1. Fokus Pertama itu penting
Saat presentasi, kamu harus bisa membuat semua audiens untuk focus terhadap apa yang kamu sampaikan. Nah, untuk menarik focus audiens ini, kamu bisa lakukan dengan banyak cara. Seperti bercerita tentang sesuatu yang tentunya harus berkaitan dengan materi yang akan kamu sampaikan. Contohnya, saat Steve Jobs mempresentasikan tentang I-pad yang yang baru dirancangnya, Ia menggambarkan I-pad itu sebagai sebuah amplop yang sangat tipis. Ya, Ia menggunakan amplop sebagai media untuk menggambarkan I-pad nya. Dengan demikian Ia dapat menarik perhatian audiens untuk focus terhadap apa yang disampaikannya. Nah, kamu juga bisa menggunakan cara ini untuk presentasi. Perlu diingat, saat kamu berada di atas panggung, artinya kamu adalah pusat perhatian penonton. Dan memang sudah seharusnya hanya kamu yang menjadi pusat perhatian saat itu. So, gunakan kesempatan ini sebaik mungkin.

       2.   Ciptakan Cerita
Nah, teknik ini merupakan lanjutan dari teknik yang sebelumnya. Saat kamu sudah berada di atas panggung dan sudah berhasil menarik perhatian audiens untuk focus pada kamu, inilah saatnya untuk mempertahankan perhatian itu. Kamu bisa menciptakan sebuah cerita yang berkaitan dengan media yang telah ada di tangan kamu. Nah, cerita ini nantinya akan membuat audiens lebih paham tentang apa yang sedang kamu presentasikan. Sebagai contoh saat Steve Jobs telah memegang amplop tadi dan memperlihatkannya kepada audiens, Ia bercerita bahwa bagaimana kalau ampop yang sangat tipis itu berisi ribuan atau bahkan jutaan lagu yang bisa di bawa kemanapun oleh semua orang. Nah, dengan cara seperti itu, audiens akan semakin penasaran terhadap apa yang ada di balik amop tersebut. Jika sudah seperti ini, akan sedikit sekalikemungkinan bahwa mereka akan membagi perhatiannnya terhadap yang lain. So, kamu gak akan diselingkuhi. Hehe :D
3
      3.   Sederhana dan Kuat Secara Visual
Perlu kamu ketahui bahwa tidak ada manusia di dunia ini yang menyukai hal-hal yang “ribet”. Atau dengan kata lain, manusia lebih cenderung menyukai hal yang jelas, sederhana, tetapi menarik. Juga untuk mempertahankan focus audiens, kamu gak perlu membuat slide presentasi  yang ribetnya minta ampun. Cukup sederhana tapi jelas dan juga menarik.

 4.  Bantu Audiens Mengerti Statistik dan Data
Presentasi yang kamu tampilkan adalah untuk audiens yang mempunyai latar belakang yang berbeda-beda. Saat kamu tampil dengan materi yang bidangnya kamu kuasai, mungkin kamu akan mengerti bahasa-bahasa asing pada bidang tersebut. Tapi perlu kamu ingat bahwa audiens kamu belum tentu juga akan mengerti seperti hal nya kamu. Nah untuk itu, kamu perlu menggunakan kata-kata umum yang lebih mudah dipahami oleh audiens yang berasal dari berbagai latar belakang tersebut. Jangan sampai katahanya kamu yang mengerti  dengan apa yang kamu ucapkan. Kan gak lucu kalau semua orang jadi bingung dengan bahasa kamu. Kalau sudah begitu, audiens akan mulai bosan dan akan mengalihkan perhatiannya dari kamu. Hmm katanya kamu gak mau diselingkuhi kan?makanya, bikin suasana agar kalian (pembicara dan audiens) saling memahami. Dengan cara ini, kemungkinan untuk diduakan juga akan semakin kecil. Nah, untuk membantu agar audiens lebih paham, kamu juga bisa menggunakan data statistic jika yang kamu tampilkan itu berupa data. Dengan menampilkan diagram, audies akan lebih mudah memahami tentang tinnggi-rendahnya data yang tersedia. Karena dengan melhat grafik, audiens akan lebih mudah memahami apa yang kamu sampaikan.
5
          5. Ciptakan Momentum
Nah, ini penting nih. Saat focus audiens sudah mulai bercabang, atau dengan kata lain audiens sudah mulai membagi perhatiannya dengan yang lain, inilah saatnya kamu mengembalikan focus tersebut. Kamu bisa menciptakan momentum atau kejutan-kejutan kecil yang membuat audiens kembali focus pada apa yang kamu sampaikan. Momentum ini bisa dengan menampilkan gambar/kata-kata  yang membangkitkan semangat. Atau hal-hal kecil lain yang bisa merebut perhatian audiens untuk kembali ke kamu.

       6. Gunakan Kata-kata Powerfull
Kata-kata singkat, padat, tepat, dan jelas yang akan menggambarkan tentang apa yang sedang  kamu tampilkan. Hal ini agar audiens lebih mudah mengingat materi panjang lebar yang telah kamu sampaikan tadi. Contohnya,kata-kata yang diungkapkan oleh salah satu mentor Mawapres Academy UNP, bang Randi Proska Sandra, “Jika ide saja dapat memberimu pengalaman hebat, bagaimana jika ide tersebut diwujudkan”. Intinya,  kata-kata yang singkat ini cukup untuk menggambarkan tentang keseluruhan isi presentasi yang sedang kamu tampilkan.

       7.  Latihan
Nah... ini nih yang paling penting. Sehebat apa pun kamu kalau tidak pernah berlatih, ya sama aja bohong. Artinya, kehebatan kamu itu belum lengkap tanpa ada latihan. Seperti halnya kamu sebelum memasuki perguruan tinggi, kamu perlu latihan selama 12 tahun untuk bisa melewati ujian nasionaal dan ujian masuk perguruan tinggi yang bahkan ujiannya hanya hitungan jam. Seperti itu juga kalau kamu ingin tampil presentasi. Kamu harus latihan dulu, Kenapa? Karena dengan latihan, kamu akan bisa mengoreksi kekurangan-kekurangan kamu. Ya, intinya latihan itu  berguna untuk mempersiapkan penamilan kamu yang akan membuat audiens tidak mampu berpaling dari mu.

@Official Mawapres Academy UNP

Mawapres Academy

Author & Editor

Mawapres Academy UNP adalah sebuah gerakan yang di inisiasi oleh beberapa mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) untuk berbagi inspirasi seputar peluang prestasi secara gratis dan bertujuan membentuk karakter mahasiswa berprestasi.

0 komentar:

Posting Komentar