Senin, 21 Maret 2016

Mawapres Academy UNP (MAU) : Semangat dan Motivasi, Penggali Potensi Diri

Oleh ;
Dinni Ramayani
Mahasiswi Jurusan PGSD (2015)
(Peserta Mawapres Academy UNP)
      
MAWAPRES ACADEMY UNP - Sebelum mentari pagi menjatuhkan sinarnya ke bumi. Kami, para pejuang prestasi—sudah terlebih dahulu untuk bergegas menyinari pagi ini—dengan kobaran semangat inspirasi—jauh sebelum mentari itu menyinari bumi kami sudah bergegas untuk melangkahkan kaki menuju ruang pertemuan Mawapres Academy UNP (MAU).

Mawapres Academy UNP (MAU) merupakan sebuah forum yang dipelopori oleh para mentor-mentor pengukir prestasi, yaitu para senior yang sudah berkecimpung di dunia prestasi dan berhasil meraih gelar sebagai mahasiswa berprestasi. Dipelopori oleh Randi Proska Sandra, Nurhalimah Tanjung, Sandi Putra, Dila Gusnia—para mentor yang kiprah prestasi dan karya yang mereka hasilkan sudah melewati zona cetar membahana. Hehehe....

Ini dia para mentor yang luar biasa, cetar membahana

Mawapres Academy UNP (MAU) didirikan khusus untuk mahasiswa-mahasiswa UNP yang ingin mengasah kemampuan tulis menulis, terutama pada Karya Tulis Ilmaih (KTI). Juga, sebagai jembatan bagi mahasiswa untuk bisa menjadi penerus sebagai ‘The Next Mawapres’.  Kegiatan ini sudah berlangsung tepat satu bulan. Anniversary 1 bulan dong ya :D Ciyeee..., “Happy Anniversary 1 bulan Mawapres Academy UNP (MAU)” :D. Hehehe...

Pada minggu keempat, tanggal 20 Maret 2016, kegiatan kami di awali dengan pengambilan absen para peserta MAU. Setelah itu dilanjutkan dengan moment berbagi pengalaman dan motivasi dari salah satu anggota Mawapres Academy. Dalam hal ini disampaikan oleh Muspita Anjelia—mahasiswa jurusan PGSD tahun masuk 2014—yang baru saja kembali dari pulau seberang sana. Pulau Jawa. Mahasiswa yang akrab dipanggil dengan sebutan ‘Anjel’ ini menjadi salah satu finalis pada perlombaan karya  tulis ilmiah yang diadakan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM). Sehingga ia beserta tim-nya diundang untuk mempersentasikan hasil karyanya di sana. Ia membagikan cerita tentang pengalamannya selama mengikuti kegiatan tersebut kepada kami. Banyak pelajaran serta motivasi yang dapat diambil dari apa yang disampaikannya.

Berselang beberapa menit, kami dikejutkan oleh kedatangan seorang tamu istimewa. Seorang perempuan yang mengenakan kerudung berwarna hijau. Bernama Siti Khodijah, yang merupakan seorang hafidzah dengan segudang prestasi yang dimilikinya. Pada moment ini, kami diberi hujanan motivasi oleh Kak Khodijah. Juga, diberi suntikan semangat untuk terus berjuang meraih prestasi, tanpa kenal lelah. Sebagaimana yang dituturkan oleh Kak Khodijah, “Semangat...!!! Teruslah berjuang. Try, try, dan try...!!! Walaupun itu menyebabkan lelah. Biarkanlah lelah itu lelah untuk mengejar kita.” Selain itu, Kak khodijah juga berpesan kepada kami—calon mahasiswa berprestasi—agar rajin untuk membaca. Baca, baca, dan baca. Karena dengan membaca banyak sekali hal yang kita dapatkan, terutama bagi penulis, membaca merupakan suatu hal yang wajib untuk dilakukan. Apa yang akan kita tulis jika kita tidak mau untuk membaca. Dalam al qur’an juga telah dijelaskan bahwa perintah pertama dari Allah Swt adalah ‘membaca’. Benar-benar suntikan motivasi yang luar biasa. Menggetarkan jiwa.

Kami pun sharing dengan Kak Khodijah tentang berbagai hal. Baik tentang kepenulisan, prestasi, sampai dengan seluk-beluk perkuliahan. Hal ini semata-mata adalah untuk membangkitkan semangat dan motivasi kami. Sebagaimana yang dituturkan oleh salah satu mentor Mawapres Academy—Bang Sandi Putra, yang mengatakan bahwa motivasi itu sangatlah penting. Karena untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kita juga membutuhkan semangat dan motivasi yang besar. Terutama dalam hal menulis. Jika semangat dan motivasi kita rendah, bagaimana mungkin kita akan menghasilkan suatu karya yang menggugah. Itulah alasan mengapa motivasi itu dikatakan penting.  Tidak memiliki banyak banyak waktu untuk sharing lebih banyak dengan Kak Khodijah. Karena keterbatasan waktu dan masih ada agenda yang harus kami selesaikan hari ini. Sharing pun diakhiri dengan sesi foto bersama Kak Khodijah.

Foto bersama pemateri, Siti Khodijah

Kegiatan berikutnya dilanjutkan dengan pemberian materi tentang PKM, serta kegiatan bedah PKM yang dimentori langsung oleh Bang Sandi Putra dan Bang Randi Proska Sandra. Di saat masih dalam suasana semangat yang menggebu-gebu dan motivasi sedang berada di titik tertinggi, kami pun dibagi menjadi beberapa tim untuk berdiskusi dan menuangkan ide-ide cemerlang bersama anggota tim. Para peserta sangat antusias untuk memaparkan ide-ide mereka.Sangat banyak ide-ide kreatif yang berhasil kami tuangkan. Ternyata memang benar, semangat dan motivasi itu sangatlah memiliki peran yang penting. Mampu menggali potensi-potensi diri yang tersembunyi. Tidak hanya potensi saya yang tergali, tapi potensi ‘kita’ semuanya.


SEMANGAT...!!! SEMANGAT...!!! dan SEMANGAT...!!!
Salam Inspirasi J


@Official Mawapres Academy UNP

Mawapres Academy

Author & Editor

Mawapres Academy UNP adalah sebuah gerakan yang di inisiasi oleh beberapa mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) untuk berbagi inspirasi seputar peluang prestasi secara gratis dan bertujuan membentuk karakter mahasiswa berprestasi.

0 komentar:

Posting Komentar